Rekreasi Sambil “Ziarah Musik”

news-movie-focus2015 copy copy copy

 

“Ziarah Musik” bisa jadi ide seru buat Teman B yang mau rekreasi sambil mendapatkan kisah-kisah di tempat historis tempat momentum musik terjadi. Kalau Teman B tertarik, ngga ada salahnya Anda mengunjungi 5 tempat ziarah musik ini:

1. The Rock and Roll Hall of Fame

Rekreasi Sambil Ziarah Musik 1

Berdiri sejak 1983, museum The Rock and Roll Hall of Fame Foundation punya kontribusi besar dalam pencatatan sejarah musik di dunia. Agar bisa masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, seorang musisi harus terhitung 25 tahun telah merilis karya musik, punya pengaruh yang besar besar, dan yang terpenting punya kontribusi yang tinggi dalam menyebarkan semangat rock & roll. Tempat ini terletak di kota Cleveland, Ohio, yang dipercaya menjadi titik awal di mana Rock & Roll lahir oleh DJ Alan Freed dan menyebar melalui radio pada era 1950-an.

2. Abbey Road

Rekreasi Sambil Ziarah Musik 2

Abbey Road adalah tempat yang pastinya jadi tempat sakral yang harus dikunjungi penggemar The Beatles. Foto The Beatles menyebrang jalan yang menjadi sampul album Abbey Road (1969) menjadi salah satu foto paling ikonik sepanjang sejarah musik. Ide ini datang dari salah satu personilnya, Paul McCartney. Foto itu diambil pada tanggal 8 Agustus 1969, sekitar pukul 11:30 siang. Dalam perkembangannya, nyaris semua grup musik dan penyanyi legendaris pernah menjajal rekaman di studio itu, termasuk Pink Floyd, Amy Winehouse, Radiohead, Coldplay, hingga Lady Gaga dan Adele.

3. Makam Jim Morrison

Jim Morrison's Grave - Pere Lachaise Cemetery - Paris, France
Jim Morrison’s Grave – Pere Lachaise Cemetery – Paris, France

Makam ini terletak di pemakaman Pere Lachaise, Paris, Perancis. Sampai saat ini, makam Jim Morrison masih menjadi daya tarik para wisatawan. Walau begitu, di sini banyak terjadi vandalisme dan pencurian hiasan nisan. Setelah beberapa kali diubah, bentuk nisan makam Morrison dibuat datar dengan foto sang legenda di bagian atas. Pada nisan tertera kalimat “Kata Ton Daimona Eaytoy” yang berarti “percaya pada apa yang diyakini (spirit).”

4. Makam Elvis Presley

Rekreasi Sambil Ziarah Musik 4

“King of Rock & Roll”, Elvis Presley telah memberi banyak legacy terhadap perkembangan musik dunia. Hingga saat ini, makam Elvis di Graceland, Memphis, Tennessee, masih ramai dikunjungi peziarah musik. Elvis meninggal pada 16 Agustus 1977, dan saat ini masih banyak peziarah yang ramai datang ke makam “King of Rock & Roll” ini. Banyaknya pengungjung telah membuat makam Elvis ini jadi tujuan wisata andalan di kota Memphis.

5. Taman Memorial Strawberry Fields

Rekreasi Sambil Ziarah Musik 5

Sebuah taman bernama Strawberry Fields dibuat untuk menghormati mendiang John Lennon. Nama taman ini diambil dari judul lagu ciptaannya, Strawberry Fields Forever yang berlokasi di Central Park, New York, Amerika Serikat. Strawberry Fields punya luas 1 hektar dan letaknya ngga jauh dari Dakota Apartments, kediaman Lennon sekaligus tempat kejadian di mana Lennon ditembak mati oleh penggemarnya, pada 1980. Di taman ini terdapat lantai dengan motif mozaik bertuliskan kata “Imagine,” diambil dari judul lagu perdamaian yang ditulis Lennon.

Tempat-tempat monumental ini bakal jadi kesempatan Tempat B berziarah dan menghayati musik kesukaan Anda lebih dalam. Hidup musik Rock & Roll! Dan jangan lupa, don’t missed Sunday Rhythm with Joey Cardinal. Setiap hari Minggu, jam 4pm – 7pm buat update musik Rock dan ngobrol seru tentang Rock & Roll living legend.

Written by Amanda Nisa

Edited by Mario Johan