Cara Mempertajam Daya Ingat

news-movie-focus2015 copy

Semakin bertambahnya usia, mungkin beberapa Teman B merasa daya ingat Anda mulai berkurang. Momen ‘lupa’ kadang suka mengganggu aktivitas Anda, entah itu ketika presentasi di rapat, wawancara kerja, atau ketika membuat janji dengan teman dan keluarga.

Kalau ini terjadi dengan Teman B, cara yang satu ini mungkin bisa mengurangi momen-momen itu. Cara ini ditemukan oleh Noah D. Forrin dan Colin M.McLeod lewat jurnal “This time it’s personal: the memory benefit of hearing oneself” yang diterbitkan Desember 2017 lalu. Department of Psychology, University of Waterloo di Kanada menamakan cara ini sebagai cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Noah dan Colin menyebutnya dengan istilah “Production Effect”. Menurut mereka, kita akan lebih mudah mengingat sesuatu ketika kita menciptakan sesuatu dari informasi yang kita dapatkan. Teman B bisa melakukan ini dengan cara mengatakan informasi yang ingin Anda ingat dengan lantang berulang-ulang.

Cara ini terbukti efektif karena proses yang disebut “Words Engagement”, di mana gabungan antara kerja mulut, pita suara dan gendang telinga akan membuat hubungan yang kuat di dalam otak untuk memasukan informasi ke dalam ingatan jangka panjang. Dengan begitu informasi yang ingin Anda ingat tidak akan mudah hilang ketika mendapatkan informasi baru.

Apakah Teman B sudah siap untuk mencobanya? Begini langkah-langkah yang bisa Anda mulai lakukan untuk mempertajam ingatan Anda:

  1. Tentukan informasi apa yang ingin Anda simpan dalam ingatan
  2. Tuliskan informasi tersebut
  3. Baca sendiri informasi tersebut keras-keras
  4. Ulangi, minimal sebanyak 15 kali atau lebih
  5. Selamat mencoba, Teman B!

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2018/02/05/06000041/mempertajam-daya-ingat-dan-kemampuan-belajar-mungkinkah-